Dunia Teh

Teh Hijau

Meski sudah dikenal selama ribuan tahun di tempat-tempat seperti Cina dan Jepang, rasa teh hijau saat ini mendatangkan malapetaka di negara-negara di Amerika Utara dan Eropa. Teh ini sekarang dikenal dan disukai karena rasanya yang lembut dan manfaatnya yang luar biasa. Faktanya, teh hijau diminum sebagai minuman es teh dengan madu dan tambahan rasa seperti buah lemon atau jeruk, dan seperti teh lainnya, teh ini difermentasi dan dikukus.

Kenali Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan - DokterSehat

Terlepas dari popularitasnya yang terus meningkat, beberapa orang tidak sepenuhnya memahami manfaat teh hijau atau apa yang sebenarnya membenarkan semua hype tersebut. Faktanya adalah bahwa meskipun teh hijau menawarkan rasa yang ringan dan menyegarkan sehingga banyak orang mulai menyukainya, teh hijau dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan yang serius.

Melihat lebih dekat bagaimana teh hijau dibuat dan manfaatnya dapat membantu menjelaskan mengapa perasaan ini memengaruhi dunia. Terlepas dari bagaimana teh hijau dikonsumsi, ini memberikan beberapa manfaat yang tidak dapat disaingi oleh minuman lain.

Dari mana asalnya teh hijau?

Teh hijau sebagian besar ditanam di negara-negara Asia yang berasal dari tanaman yang disebut Camellia sinensis. Ramuan ini juga digunakan untuk membuat sebagian besar teh hitam yang telah dinikmati orang selama ribuan tahun. Meski kedua jenis teh ini berawal dari ramuan dasar yang sama, ada beberapa perbedaan penting di antara keduanya dalam hal penampilan, rasa, dan manfaat kesehatan.

Sementara rasa dan penampilan yang paling banyak diperhatikan orang adalah antara teh hijau dan hitam, manfaat utama teh hijau dibandingkan dengan teh hitam juga perlu diperhatikan. Perbedaan yang jelas antara teh hijau dan hitam disebabkan oleh proses pembuatan masing-masing varietas.

Apa yang membedakan teh hijau dari hitam?

Proses pembuatan teh hitam dan hijau sangat bervariasi. Hasilnya adalah dua teh berbeda dari ramuan yang sama.

Teh Hijau – Bila tujuannya adalah membuat teh hijau dari daun Camellia sinensis, maka daunnya dipanen dan segera dikukus atau dipanaskan. Daun ini kemudian dikeringkan untuk dijadikan teh. Teh hijau cenderung lebih sedikit diproses dibandingkan jenis teh lainnya. Faktanya, teh hijau adalah salah satu teh paling murni yang digunakan untuk konsumsi manusia. Seperti banyak makanan lainnya, kurangnya pemrosesan membuat perbedaan dalam nutrisi dan manfaat kesehatan yang terkait dengan produk akhir.

Teh Hitam – Perbedaan antara teh hijau dan teh hitam muncul setelah dikeringkan. Berbeda dengan daun teh hijau yang siap dikonsumsi setelah dikeringkan, teh hitam juga mengalami proses yang disebut oksidasi. Sayangnya, selama proses pengeringan yang lama ini, banyak nutrisi dan antioksidan yang dikeluarkan dari daun teh. Sementara beberapa teh hitam memiliki sifat antioksidan, mereka terlalu menekan untuk menyaingi manfaat teh hijau.

Manfaat teh hijau

Baik teh hijau berasal dari Cina, Jepang, atau di mana pun, teh hijau yang diproses dengan benar dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Antioksidan yang ada dalam teh hijau bertanggung jawab atas sebagian besar efek positif dari jenis teh ini. Antioksidan adalah agen kuat yang dapat membersihkan tubuh dari radikal bebas dan molekul yang diketahui menyebabkan kanker dan masalah kesehatan lainnya.

Studi ilmiah menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau dapat membantu mencegah berbagai kondisi termasuk kanker, penyakit jantung, diabetes, dan banyak lagi.

Antioksidan EGCG dalam teh hijau diketahui sama efektifnya dengan Vitamin C dan Vitamin E. Ia dikenal membantu melindungi sel dari kerusakan besar yang disebabkan oleh radikal bebas.

Manfaat lain dari teh hijau, yang didukung oleh penelitian medis, meliputi:

Menurunkan gula darah – Sebuah studi terbaru di University of Birmingham di Inggris menemukan bahwa konsumsi teh hijau dapat meningkatkan pengukuran glukosa darah. Studi tersebut menemukan bahwa ketika teh hijau dikonsumsi secara teratur, sensitivitas insulin meningkat hingga 13%.

Pengolahan Lemak – Dalam studi yang sama yang dilakukan di University of Birmingham, para peneliti menemukan bahwa ketika teh hijau dimasukkan ke dalam makanan, tingkat oksidasi lemak meningkat hingga 17%.

Sumber teh hijau

Berkat popularitasnya yang semakin meningkat, teh hijau kini tersedia dalam berbagai bentuk. Beberapa yang paling populer di pasaran meliputi:

Kantong Teh Celup – Masukkan rantai belanjaan Amerika Utara dan teh hijau kemasan dan kantong akan berdiri di rak. Ini adalah salah satu cara paling populer untuk mengonsumsi jenis teh ini, dan mungkin salah satu yang termudah. Namun, teh celup seringkali mengandung teh dengan kualitas lebih rendah dan Anda mengorbankan kualitasnya demi kenyamanan.

Es Teh – Minuman teh hijau instan menjadi semakin populer. Dari campuran diet hingga makanan penutup manis yang harus dimakan, jenis teh ini hadir dalam botol siap minum. Teh daun lepas juga digunakan untuk menyiapkan es teh, dan rasanya dianggap paling enak di antara banyak peminum teh.

Teh Longgar – Bagi mereka yang lebih suka menyeduh teh langsung dari daunnya, opsi ini banyak tersedia. Dengan tambahan ya infusers dan kantong teh, peminum teh daun lepas dapat menikmati kenyamanan serta mencicipi teh terbaik.

Dunia teh hijau sudah lama dikenal masyarakat orient. Dari Cina dan Jepang hingga toko bahan makanan di seluruh Amerika Utara dan sekitarnya, jenis teh ini sedang menikmati popularitas yang kuat saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *